Thursday, May 17, 2012

Ciri- Ciri Atau Tips Memilih Dan Membeli Speaker Aktif Yang Bagus

    Selamat malam teman, rasanya malam ini sungguh sepi dirumah saya. Dan saya malam ini hanya di temani secangkir kopi dan lanting (makanan khas cilacap). Saat sepi begini enaknya putar lagu-lagu slow rock apalagi dengan speaker aktif baru (masih merdu suaranya :)hhehe.....
Bicara tentang speaker kali ini saya akan membahas bagaimana tips membeli speaker yang bagus.
   Harga yang mahal belum tentu menjadi prioritas utama terjaminya produk teman. makanya sebelum membeli sesuatu harus di lihat dan dipikirkan terlebih dahulu.

Baiklah ini dia beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda memilih speaker yang ingin anda beli.

-Bahan Enclousure atau box speaker
    Pilihlah bahan enclousure atau box speaker yang terbuat dari kayu atau serbuk kayu. Kenapa ?, karena kayu merupakan bahan yang paling baik yang dapat merensonansi suara. Bila dibandingkan dengan box speaker yang terbuat dari plastik sangat jauh tentunya, walau pun bila menggunakan kayu terlihat speaker tua tapi kualitasnya masih belum tertandingi teman. Atau kalau anda mungkin merasa kurang tertarik dengan speaker seperti ini anda bisa memilih speaker yang berbahan dasar plastik, namun box tersebut perlu di beri kain atau seras untuk peredam suara, agar suara dapat terensonansi dengan baik.

-Tempat penggunaan
    Dimanakah anda akan menggunakan speaker ?, jika di dalam ruangan pilihlah speaker yang berjenis woofer. Speaker jenis ini akan pas bila digunakan dalam ruangan karena empuk dan halus, namun speaker jenis ini tidak begitu cocok untuk out door (luar ruangan) karena kekerasan bunyi suaranya kurang. Sedangkan jika anda ingin menggunakan speaker out door yang terbaik menurut saya adalah speaker jenis full range. Full range itu sendiri berarti semua nada yang dihasilkan didapat dari speaker itu sendiri. Dengan speaker jenis full range juga membuat nada yang masuk tidak menghilang baik itu nadanya yang tinggi maupun yang rendah. Full range akan mampu menciptakan suara yang cukup keras sehingga bisa memusingkan warga satu kampung :) hehehehe.... Namun kelemahan speaker jenis ini tidak mampu menghasilkan nada sebagus dan empuk speaker jenis woofer.

-Ukuran magnet speaker

    Ini adalah hal penting yang sangat perlu kamu perhatikan sebelum anda membeli speaker lihat ukuran lingkaran magnet di bagian belakang speaker. Speaker yang menggunakan magnet yang besar menjadikan suara semakin bisa keras, bass, treble dan lebih awet. Sementara speaker yang kecil magnet kualitasnya bisa di pastikan kurang baik.

Di bawah ini contoh gambar speaker yang bermagnet besar



Di bawah ini contoh speaker yang bermagnet kecil



- Energi atau daya
     Daya atau energi listrik yang besar tidak begitu berhubungan dengan indahnya suara tetapi berhubungan dengan kerasnya suara sehingga teman tidak memerlukan speaker dengan daya yang bear jika ingin menggunakannya di dalam ruangan. Namun jika anda ingin menambah sensasi dalam mendengarkan musik pilihan daya listrik yang besar bisa anda coba. Ingat juga kalau sebelum anda membeli speaker lihat daya pada yang tertulis langsung di speaker, bukan yang di kertas yang di buat pemilik toko.

- Cone speaker



Gambar di atas adalah struktur speaker yang mungkin sebelumnya anda belum tahu bisa tahu setelah buka burger info ini :) hehehe...

Pilihlah speaker yang mempunyai cone yang berkualitas. Cone speaker yang baik akan memberi tambahan warna terhadap suara speaker yang anda dengar. Untuk cone yang bagus pilihlah yang terbuat dari bahan kertas presser yang menjadikan suara speaker juga jadi lebih empuk.

-Daun speaker
    Kelenturan dari daun speaker akan menyebabkan speaker anda sering bekerja keras karena setiap waktu di pakai oleh anda :) hahaha..... Pilihlah daun speaker yang lentur, agar suara speaker bisa lebih empuk dan enak di dengar.

    Demikianlah beberapa tips yang dapat menjadi masukan terhadap teman-teman yang akan membeli speaker aktif barunya. Semoga tidak salah memilih :)



Artikel terkait:
-Tips atau Cara Agar Gitar tetap awet dan bagus
-Cara Menyetel Atau Setting Drum Agar Suara Drum Bagus, Tidak Hancur, Atau Fals

11 comments:

  1. Mantap Gan infonya..
    kunjungi Blog saya juga ya..
    cari di google dengan keyword "Lingwax Blog"..

    trims..:)

    ReplyDelete
  2. gan merk ma tipe yg bagus apa gan untuk speker aktif di dlm ruangan,.

    ReplyDelete
  3. Mantap gan postingannya...
    visit blog saya ya http://domestikcat.blogspot.com/
    masih newbie gan...:D
    oia mau tanya,blog agan pk bhs indonesia ko bs diterima adsense ya??punya saya pk b.inggris tp ga diterima ...br 1 kali dftar dan bisa dftar lg ato ga ya??

    ReplyDelete
  4. Gan, kalo saran saya menggunakan sound system merk Logi**** aja soalnya ane juga pake dah 5 tahun masih bandel aja.
    Thanks ya gan dah posting ini

    ReplyDelete
  5. Thanks in support of sharing such a pleasant thinking, article is nice,
    thats why i have read it entirely

    Here is my web site; plytki ceramiczne

    ReplyDelete
  6. I constantly spent my half an hour to read this webpage's articles or reviews daily along with a cup of coffee.

    Check out my web blog :: plytki szczecin

    ReplyDelete
  7. I'm amazed, I must say. Seldom do I come across a blog that's both equally educative and engaging, and without a doubt, you have
    hit the nail on the head. The problem is something that
    too few people are speaking intelligently about. Now i'm very happy I found this during my search for something regarding this.

    Look into my blog post; glazura

    ReplyDelete
  8. Amazing! Its truly remarkable post, I have got much clear idea about from
    this article.

    Here is my weblog glazura szczecin

    ReplyDelete
  9. speaker gw genius standar, kelauran 2007

    dulu beli cuma 60rb, tp suaranya bagus bassnya kerasa dan ukurannya kecil.

    tp sayang udah ga diproduksi lagi.

    ReplyDelete
  10. bang gimna cara buat speakernya ...?
    tp bukan speaker yg di cas cukup seperti http://www.techfuels.com/attachment.php?attachmentid=6656&d=1224064078 ada ga caranya..?

    ReplyDelete