Wednesday, May 16, 2012

Tips atau Cara agar membuat Gitar tetap awet dan bagus



    Sepertinya kamu akan menyesal setelah melihat gitar kesayangan kamu seperti yang di alami pada gambar diatas. Makanya teman perlu merawat gitar kesanyangan anda agar tidak gila karena menangisi gitar anda :) hehe....
   Okey, di postingan kali ini saya akan membahas caranya agar gitar anda tetap awet dalam penggunaanya dan tetap prima walaupu sudah tua seperti yang punya. Terkadang ada beberapa orang yang katanya lebih cinta gitarnya di bandin kekasihnya.
Baiklah ini dia beberapa hal yang saya lakukan jika saya selesai menggunakan gitar saya dan tips dari saya ini bisa anda coba terhadap kekasih kedua anda, maaf gitar anda maksudnya :)

-Yang pertama sampatkan membersihkan body gitar anda setelah bermain-main dengannya.
    Setelah bermain, gitar anda akan terkena keringat, kotoran, debu atau apapun .Makanya anda perlu sering membersihkan gitar anda. Apabila tidak dibersihkan, inilah yang akan menimbulkan karat, dan karat inilah yang akan merusak fret pada gitar anda.Guitar bisa dibersihkan dengan cara yang cukup sederhana dan tidak memerlukan waktu banyak cukup dilap dengan bahan kaos, bila perlu dibasahi dengan cairan string cleaner. Bersihkan seluruh bagian Gitar mulai dari kepala atau head gitar, stang, senar, bridge, fret board dan bagian lainya.

-Kedua : kendurkan senar gitar
    Apabila sudah bersih anda perlu mengendurkan senar gitar anda. Kenapa, mungkin anda akan meragukan tindakan ini karena harus mengatur kembali senar gitar saat akan digunakan agar tidak kacau suaranya, tetapi hal ini perlu anda lakukan apabila anda ingin tidak terlalu sering bolak-balik ke toko gitar hanya untuk membeli senar gitar yang sering putus.

-Ke tiga: Cara meletakan gitar
   Gitar anda perlu diletakan di tempat yang kering dan stabil. Posisi meletakanya pun perlu diperhatikan. Gitar yang meletakanya tidak benar akan merusak body atau bagian vital gitar. dan jika anda ingin memanjakan gitar anda perlu membuka dompet dan mengambil beberapa lembar uang untuk membeli dudukan gitar agar tetap aman.

-Ke Empat: Tas Gitar
    Anda musisi atau sering manggung di luar kota atau pekerjaan kamu menuntut untuk sering pergi keluar kota maka anda prlu membeli tas Gitar agar gitar anda tetap aman, tidak lecet, dantentunya akan memudahkan anda dalam mengajak gitar kesayangan anda berwisata menikmati udara luar.

-Ke lima: Ganti Senar Gitar
     Anda perlu rutin mengawasi kualitas senar gitar anda. Jika senar Anda sudah berkarat, sebaiknya segera di ganti. Jika tidak, bukan hanya tidak enak dimainkan, tapi warnadan nada suara yang di hasilkan juga menjadi tidak karuan, dan juga merusak fret gitar. Selain itu, jari-jari kita juga bisa sakit. Belum lagi kalau senar itu putus dan kemudian melukai tangan kita. Dokter bilang kalau benda berkarat bisa
menginfeksikan penyakit Tetanus. Bahaya kan? :)

-Rajin ke tempat service gitar
  Gitar anda akan lebih sehat jika sering di bawa dan di service pada tempat dan orang yang dapat di percaya.

   Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan ke teman-teman agar gitar anda tetap bagus, awet, sehat, dan mungkin akan lebih tua dari pada usia anda :) hehehe.....


No comments:

Post a Comment