Thursday, May 3, 2012

Cara Membuat Batako

      Gimana kabarnya nih para sahabat blogger ? semoga lagi baik- baik saja. Sekitar sebulan yang lalu aku bingung nih pada saat akan mendirikan toko . padahal saya sudah yakin dengan usaha yang mau saya jalani. tetapi, dana dan keuangan saya sangat tipis. ketika saya ingin mendirikan toko untuk memulai usaha, saya pikir itu membutuhkan dana yang sangat besar untuk membangun toko baru saya. Apalagi harga bahan bangunan sekarang mahal. Bagaimana saya bisa lebih efisien dalam membuat toko? . Di sini saya akan berbicara tentang uang yang dihabiskan untuk membeli batu bata merah yang sekarang harganya Rp.300,00 jadi jika saya membeli 1000 biji berapa harganya? ya sekitar Rp.300.000,00 wah, mahal bukan? untuk menciptakan sebuah rumah yang ukuran 6 × 10 m harus membutuhkan setidaknya 5000 buah batu bata. wah betapa aku harus mengeluarkan uang? setelah menghitung - hitung juga, mahal. sedangkan bila buat baut bata sendiri sangat menguras tenaga dan waktu yang banyak.Saya bingung jika saya tidak dapat membuat sebuah toko. kemudian saya kebetulan bertemu dengan teman yang baru saja memulai usaha buka restoran. Dia menyarankan untuk membuat bangunan bukan dari batu bata merah tetapi dangan yang namanya "Batako". kata teman saya setelah menghitung dengan benar ternyata harga Batako jauh lebih murah dari pada batu bata bata merah, dan sekarang akhirnya saya dapat membangun toko impian, yang tentunya tanpa megeluarkan modal banyak. jadi jangan khawatir sobat, saya akan jelaskan caranya buat Batako,karena kebetulan saya buat Batako sendiri dan saya telah membuktikan sendiri dan hasilnya luar biasa.

      Okey yang pertama yang harus kita persiapkan adalah bahanya yaitu pasir dan semen. lalu kita menentukan seberapa besar ukuran yang kita inginkan. Dalam hal ukuran, ukuran Batako biasanya lebih besar dari pada batu bata merah. ukuran lebar 5 cm panjang 20 cm dan tinggi 10 cm adalah ukuran orang normal buat. Batako juga tidak memerlukan api seperti batu bata merah yang harus dibakar terlebih dahulu. Kita hanya perlu menempatkan di tempat teduh untuk menjadi keras dan siap untuk digunakan. Kalau dipikir-pikir dari pada untuk membakar batu bata merah, mending kayunya untuk merebus air. hehehe..... :)
Ini adalah beberapa keuntungan dari Batako yang sudah saya buat sendiri.
Pertama: Kemudahan dalam membuatnya dan lebih cepat, coba bandingkan dengan batu bata merah? pasti perlu lebih banyak waktu untuk membuatnya
Kedua: tidak memerlukan bahan untuk membakar,
Ketiga: bata merah akan hancur bila terkena air, sedangkan Batako akan menjadikan lebih keras
ke empat: tentunya hehehe hemat biaya ....... :)

       Lanjut, di sini saya akan menjelaskan bagaimana membuat Batako yang cepat dan mudah dan ekonomis.
       Yang pertama adalah "MEMBUAT CETAKAN"
Caranya: menentukan panjang kayu sekitar 11cm x 21cm x 6cm. ingat untuk tidak menggunakan gergaji mesin. Sementara kayu dipotong seperti bentuk cetakan Batako yang di inginkan. Anda perlu lapisan cetakan Batako menggunakan seng-aluminium. Lalu sediakan papan untuk dasar
      Yang kedua dalam mencampurkan pasir dengan kadar PASIR (9: 1) SEMEN 
9 ember Pasir dan 1 ember semen. Lalu, campuran semen dan pasirnya, aduk dengan menggunakan cangkul. terus, dicampur dengan banyak air, karena menurut analisis saya semen dicampur banyak air akan lebih kuat. Berbeda dengan batu bata merah yang hanya perlu sedikit air. setelah di aduk dan biarkan selama setengah jam kemudian baru di tuangkan ke cetakan.
        Yang ketiga dan terakhir adalah "CARA CETAK BATAKO" Anda perlu memberikan papan untuk dasarnya, dan kemudian Anda memasukan pasir yang sudah anda aduk dengan semen tadi ke cetakan. penuhi isi cetakan lalu dihaluskan menggunakan balok kayu yang rata.setelah itu angkat cetakan dan biarkan Batako mengering. Biarkan sehari penuh. lalu Bata diletakkan di tempat teduh sampai kering. Setelah 7 hari Anda perlu untuk menyiram Batako yang telah Anda buat dengan air. Dan sekarang batu bata siap untuk membangun apa yang Anda inginkan.

13 comments: