Friday, May 11, 2012

Tips Atau Cara Bagaimana Untuk Menghemat Baterai leptop atau notebook

Kamu punya leptop, tetapi hanya bisa digunakan satu sampai dua jam saja ? hahaha... :) kalau begitu nasib anda sama dengan yang saya alami beberapa bulan yang lalu. Tetapi sekarang saya tidak mengalami hal itu lagi. Sekarang leptop saya bisa bertahan 3 sampai 4 jam bahkan bisa 5 jam nyala terus. Kini saya akan menyampaikan beberapa hal yang sangat ampuh untuk menghemat baterai leptop kamu. Dari beberapa cara di bawah ini kamu jangan marah ke saya bila kamu bermain leptop makin lama :)

   Okey ini dia beberapa tips dari saya yang perlu kamu lakukan untuk menghemat baterai leptop kesayangan anda:

A. Kontras cahaya layar yang tidak terlalu terang atau terlalu gelap (yang sedang saja)
     Ya, kamu perlu mengatur kontras cahaya leptop kamu agar tidak terlalu terang, layar leptop yang terlalu terang tentunya akan menguras lebih banyak energi di dalam baterai. Selain itu, dari segi kesehatan cahaya yang terlalu terang juga akan lebih cepat melelahkan mata. Sedangkan kontras cahaya yang terlalu gelam sangat menghemat cahaya tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan mata, jadi atur yang sedang saja.

B. Cabut atau keluarkan flash disk, cd atau dvd, atau perangkat lainya yang tidak digunakan. 
   Kamu perlu melakukan itu jika tidak digunakan lagi.

C. Gunakan mouse atau keyboard yang bukan wirelless
    Jika anda seorang editor atau pengetik mouse atau keyboard eksternal memang sangat di perlukan. Tetapi saya sarankan agar anda menggunakan mouse dan keyboard yang menggunakan kabel bukan yang nirkabel atau yang wirelless,kenapa ? walaupun mouse atau keyboard wirelles adalah tehnologi yang mulai maju dan terasa tidak ribet, tetapi ditanya soal baterai tentunya akan lebih boros bila dibandingkan dengan yang menggunakan kabel.

D. Disable bluethoot dan wifi jika tidak di gunakan
    Seperti yang di atas bluethoot dan wifi tentunya juga memerlukan banyak energi.

E. Gunakan Cooling Fan setelah Leptop terasa panas
    Notebook Anda tentunya tidak akan langsung panas kan waktu baru di hidupkan ?. Maka jika anda menggunakan cooling fan terlalu awal hanya akan mensia-siakan energy leptop anda mejadi angin yang belum di butuhkan leptop anda. lebih baik memang menggunakan cooling fan setelah dirasa panasnya suhu di leptop anda (jika anda orang yang hemat ).

F. Lakukan Defrag hard disk kamu secara teratur
   Derfag hard disk tidak hanya bisa menjaga kesehatan hard disk tetapi juga bisa menghemat energi dalam baterai. maka anda perlu rajin rajin mendefrag hard disk.

G. Satu - satu aku hemat baterai
   Jika ingin lebih baterai hemat lakukan sesuatu kegiatan satu per satu jangan melakukan beramai ramai ( multi tasking ) seperti contohnya download film sambil bermain game berat di tambah musik.

H. Tambah memory RAM
  RAM (Rando Acess Memory ) yang besar akan meringankan pekerjaan leptop anda, juga akan menjadikan leptop anda lebih percaya diri menghadapi game berat dan aplikasi aplikasi yang berbobot besar.

I. Matikan Speaker
   Matikan speaker jika sudah tidak digunakan.

J. Charge baterai sampai penuh baru di cabut.
   Apabila kamu menggunakan baterai berjenis lithium ion (li-ion) charge sampai penuh saja baru di cabut. hal ini perlu anda lakukan untuk menjaga kapasitas baterai agar sel sel di dalam baterai semuanya dapat terisi energy, sehingga tidak menurunkan daya simpan baterai. Jangan lupa juga ya, kalau sudah 7% segeralah charge kembali kalau tidak bisa mati sendiri :)


   Itulah beberpa saran yang dapat saya berikan ke kalian teman bila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin menambahkan silahkan di komentari.

No comments:

Post a Comment