Saturday, May 5, 2012

Memilih Gitar Yang Bagus Dan Awet



Dear sahabat blogger, di postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara memilih gitar yang bagus dan tentunnya awet. Sebelum anda membelinya untuk yang baru belajar alangkah baiknya memiliki gitar sendiri sehingga kita dapat dengan leluasa bermain gitar untuk pembelajaran kita, kalo punya gitar sendiri juga lebih enakkan? tidak perlu meminjam gitar ke teman. nah, untuk yang mau beli gitar baru alangkah baiknya anda melihat gitar bukan dari mahalnya harga gitar saja, bentuknya, warnanya , bodynya, tapi juga dari perlu memahai ciri ciri gitar yang bagus. ini dia ciri ciri gitar yang bagus:

1. kita mulai dari bagian yang paling atas yaitu kepala gitar (head stock)
      untuk kepala gitar yang bagus bisa di lihat dari mur pengencang dan pengendur senar gitar (tuning key)
untuk tuning key yang bagus terbuat dari besi atau tembaga mulai dari pencakram tuning key atau peganganya terbuat dari besi atau tembaga yang kuat bukan yang almunium atau atum. dan setel dulu sebelum membeli gitar untuk memastikan kualitas gitarnya. terus kepala gitar yang bagus tidak ada sambungan atau patahan antara kepala gitar dengan stang gitar.

Ini contoh tuning key yang bagus:













Sedangkan yang di bawah ini tuning key yang kualitasnya tidak terjamin:









2. setang gitar atau biasa disebut dengan (neck)

untuk setang gitar yang bagus saya punya cara tersendiri yaitu dengan memukul dengan jari :). apabila bahan kayunya bagus maka bunyinya tidak keras kalau yang jelek pasti cara melihatnya

bunyinya keras. terus tentunya tidak ada patahan atau sambungan dan retakan di setang gitar.

3. bagian depan setang gitar yaitu bagian nut- nutnya

nut yang bagus bagianya berurutan dari yang paling atas adalah yang besar dan semakin mengecil jaraknya hingga ke body gitar. lalu bahan untuk membuat nutnya terbuat dari tembaga bukan almunium karena tembaga tidak akan terkikis hingga bertahun tahun walaupun di pakai 24 jam sehari bahkan sampai yang pakai udah jadi kakek-kakek hehehe... :). Sedang yang terbuat dari almunium akan cepat terkikis dan juga lebih cepat memutuskan senar gitar.

4. feed boad

perhatikan feed boadnya yang bagus tentunya terbuat dari tembaga dan terlihat menempel dengan kokoh di badan dan setang gitar.

5.feet board marker (titik penanda nada)

sebaiknya bagi pemula belinya gitar yang memiliki feet board marker.
Ini adalah gambar feet boad,feed marker, dan wire









6. Senar gitar (string's)

Senar gitar yang bagus biasanya tidak mudah putus.
Hahaha.... senar yang bagus untuk bagian senar bassnya (yaitu senar gitar yan ukuranya paling besar) di lapisi dengan lilitan yang tebal dan dari sepanjang ililtannya tidak ada yang putus, jika ada lilitan yang putus, mintalah gantinya yang bagus ke pemilik tokonya.
   Banyak macam-macam ukuran senar gitar yang tersedia di pasaran. Untuk gitar kita sering menyebut senar dalam beberapa bagian yaitu: senar besar, senar sedang, dan senar kecil. Senar yang ukurannya besar akan menghasilkan bunyi yang keras (volumenya besar) dan bila dipetik bunyinya akan lemih lama. namun ada tapinya, kekuranganya adalah senar gitar yang ukuranya big akan sedikit lebih sakit untuk dimainkan buat yang belum terbiasa atau pemula dan buat yang jarinya lemah lembut (biasanya para waria, maksudnya perempuan).
Sedangkan, Senar berukuran mini "kecil" juga memiliki kekurangan. Walaupun memang kelebihannya mudah dan asyik untuk dimainkan dan juga tidak membuat sakit bagi yang masih pemalu "pemula". Kelemahan senar kecil adalah, untuk yang belum terbiasa melakukan setel gitar "bending", terkadang terjadi kelebihan nada dalam melakukan bending. Karena, ada banyak kemungkinan waktu "memutar" senar terlalu berlebih sehingga nada gitar yang dihasilkan tidak seperti yang diinginkan.
Untuk bahan senar yang di gunakan juga berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan. Bahan untuk di jadikan senar gitar yang biasanya di gunakan seperti Bronze, Phosphor, Stainless Steel dan nikel.

7. sound hole (lubang buaya maaf lubang suara maksudnya :) )
Sepertinya untuk lubang suara (sound hole) bentuk nya masih banyak yang bulat. tetapi untuk sekarang ini juga sudah ada banyak fariasinya, untuk lubang suara yang penting suara yang dihasilkan tidak melengkung atau bunyinya tidak keras. untuk itu sebelum membeli gitar anya perlu memainkan lagu-lagu campur sari hehehe.... "lagu campur sari kan lemah lembut".

8. Bentuk body gitar "Waist"

okey, untuk gitar yang bagus waist nya sesuai selera anda. Jika anda suka bermain melodi pilihlah waist yang kaya di gambar di bawah ini:
sedang yang hanya untuk sekedar pemula atau yang tidak suka atau belum suka atau belum bisa bermain melodi pilih lah gitar yang menggunakan bentuk waist di bawah ini:


9. Body gitar

Body gitar yang bagus ciri- cirinya terbuat dari bahan triplek yang tebal dan rapi dalam merekatkan lemnya. Bandingkan saja dengan gitar yang murahan biasanya bahan tpipleknya tipis dan kurang rapi dalam merekatkan lemnya.

10. Jembatan (Bridge)
Jembatan dalam gitar yang gambarnya seperti ini:




Yang saya lingkari warna merah maksudnya.

11. pin bridge

pin bridge yang baik, lubungnya pas dalam arti ini lubangnya pas untuk memasukan senar gitar yang panjang dan besar :).

12. saddel



   
   Ciri-ciri sadel gitar yang bagus dan enak saat di gunakan untuk bermain gitar adalah sedelnya rendah ingat "RENDAH" bukan yang tinggi. Lalu kenapa harus yang rendah ? ini jawabanya:
   saddel yang rendah akan nikmat digunakan untuk bermain gitar karena tangan anda akan mudah dalam menekan senar-senar dan tidak terlalu sakit. sebab, peddal gitar yang rendah membuat tinggi antara senar gitar dari nut gitar semakin dekat. sedangkan, pedal yang tinggi akan membuat jarak antara senar dengan nut semakin jauh sehinga membuat tangan kita cepat sakit karena perlu menekan lebih keras untuk menghasilkan nada yang merdu.

okey itulah tips yang dapat saya berikan untuk sobat semua para pecinta gitar atau yang baru coba-coba belajar gitar. komentar saja bila ada yang belum jelas.
 

11 comments:

  1. keren bro, tips nya .. mkasih banyak..

    ada info gitar murah gk bro,, original di bawah 500 k :)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal...
    izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dalam berbagai tenik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dalam bhs Indonesia silahkan di www.gitarzoom.blogspot.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  3. Sory gan, kok itu yg dibagian waist nya ga ada gmbar'a yah ? Kta'a sperti yg dbawah ini, tp g ada gmbar'a -.-,
    Btw, Tnx nih gan bwt info'a sngat brmnfaat bgt, trnyata trouble ane ada di saddel
    Nya, pntes ajh skit, eh pass ane chek trnyata saddel
    Nya tinggi ,, Tnx gan info'a

    ReplyDelete
  4. Sorry boss, mau tanya: aku mau cari gitar yang paling bagus untuk "nggebug" maling.... kira2 merk apa yang terkenal di dunia?
    Trims b4

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali artikelnya mantap :D

    Mampir ya
    http://www.hadad.my.id/2016/01/cara-memilih-gitar-agar-enak-dipakai.html

    ReplyDelete