Saturday, May 19, 2012

Cara Menjadikan Komputer Atau Leptop Sebagai Server Wifi Di Windows 8


     Setelah saya mendengar berita keluarnya atau dirilisnya windows 8 Depelover perview dan Constumer perview yang di gratiskan (free) oleh pihak windows di akhir bulan februari 2012 lalu. Pagi- pagi masih jam 4 pagi sudah bangun untuk membuka leptop, terus langsung ke Google Chrome dan masuk ke situsnya Micosoft :) .Dan ternyata hal yang saya tunggu-tunggu akhirnya ada di depan mata dan mata saya langsung menuju ke tulisan download. Setelah sekian lama download ahkirnya pukul 5 sore downloadnya selesai. Setelah terinstall dan masuk windows 8 wah tampilanya beda jauh dengan windows 7. Saya senang sekali menjajal sistem operasi bagus dan gratisan ini :). Namun setelah saudara dari luar kota mampir kerumah saya membawa leptop pada saat dia ingin share internet, apa yang terjadi ? wah wifi saya mati. Notebook saya tidak bisa untuk menshering data lewat wifi. Saya sangat pusing memikirkan ini hingga saya otak-atik sampai bosan. Akhirnya setelah beberapa minggu dalam kelelahan mencari informasi saya menemukan cara saya sendiri, karena di internet belum ada info tentang problem saya ini. Wah, saya sangat senang sekali saat saya memecahkan permasalahan saya sendiri :) hehe...
   Okey bila ada teman yang mengalami masalah seperti saya, kali ini saya akan menjelaskan cara saya sendiri tentang membuat notebook atau leptop pc anda menjadi server wifi pada windows 8.

-Pertama : Leptop atau komputer kamu harus memiliki wifi dan bersistem operasi windows 8 costumer perview atau pun depelover perview.
-Hidupkan komputer lalu setelah itu klik start >> masuk profil komputer windows di pojok kanan atas.


-Masuk change akun picture.


-Lalu bila komputer atau notebook anda terhubung ke internet lebih baik lagi up date terlebih dahulu windows 8 anda. Mengapa ? up date windows peludilakukan agar mendapat tambahan file untuk memperbaiki isi di sistem operasi windows yang kamu gunakan. dengan mengarahkan ke menu windows up date pada bagian yang paling bawah.


-Kalau windows sudah di up date pilih menu wireless. hidupkan wireless wifi anda dengan mengarahkan off ke on.


-Okey, cek lampu indikator wifi anda apabila sudah on maka langkah selanjutnya adalah anda masuk kembali ke destop. pilih icon gambar jaringan komputer klik kanan maka muncul "open network and sharing center".

- Setelah masuk Jendela settingan network langkah selanjutnya adalah klik set up a network conection or network.


-kemudian karena anda ingin membuat server wifi baru pilih manually connect to a wireless network lalu klik next.


-Tuliskan nama network, security type, encryption type, security key, lalu centang salah satu pilihan kalau ingin mengkoneneksikan langsung pilih start this connection automatically kalau tidak pilih yang di bawahnya :) hehe...


-Apabila di layar komputer anda muncul tampilan di bawah ini maka pembuatan alamat di wifi leptop kamu sudah suksess.


-Langkah selanjutnya adalah tes koneksi wifi anda. Klik saja ikon network maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.


-Arahkan kursor mouse kamu ke nama wifi kamu lalu connect maka komputer anda akan mencari komputer cient yang bisa terhubung. Saat itulah komputer cient teman anda harus sudah aktif wifinya.

    Demikianlah cara yang telah saya lakukan untuk mengkoneksikan leptop saya yang menggunakan sistem operasi windows 8. Semoga hal ini bisa sukses di komputer anda teman.
Bye ...bye..... :)


3 comments: